Standar Deviasi

Indikator Standar Deviasi menunjukkan apakah volatilitas tinggi atau rendah. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari dan menjelaskan bagaimana indikator tersebut dapat membantu Anda memasuki pasar.

Apa yang dimaksud dengan Standar Deviasi dalam trading?

Indikator Standar Deviasi adalah ukuran statistik dari volatilitas pasar. Indikator tersebut mengukur penyimpangan harga dari Moving Average. Jika harga ditradingkan dalam rentang trading yang sempit, indikator Standar Deviasi mengembalikan nilai rendah, yang menunjukkan volatilitas rendah. Sebaliknya, jika harga berfluktuasi tajam ke atas dan ke bawah, Standar Deviasi mengembalikan nilai yang tinggi, menunjukkan volatilitas yang tinggi.

Indikator Standar Deviasi di MT5

Indikator Standar Deviasi adalah salah satu indikator default di MetaTrader. Untuk menemukan indikator tersebut, klik “Sisipkan (Insert)”, pilih “Indikator” lalu “Tren”.

Cara menghitung Standar Deviasi

Untuk menghitung Standar Deviasi, Anda perlu:

  1. Hitung rata-rata semua titik data. Hasilnya dihitung dengan menambahkan semua titik data dan membaginya dengan jumlah titik data.
  2. Hitung varians untuk setiap titik data. Varians untuk setiap titik data dihitung dengan mengurangkan mean dari nilai titik data.
  3. Kuadratkan varians setiap titik data (dari langkah 2).
  4. Jumlah nilai varians kuadrat (dari langkah 3).
  5. Bagilah jumlah kuadrat dari nilai varians (dari langkah 4) dengan jumlah titik data dalam kumpulan data dikurangi 1.
  6. Ambil akar kuadrat dari hasil bagi (dari langkah 5).

Untungnya, MetaTrader melakukan semua perhitungan ini untuk Anda. Anda hanya perlu memahami prinsip indikator dan menafsirkan nilainya.

Apa gunanya Standar Deviasi?

Standar Deviasi dapat digunakan untuk tiga tujuan.

Pertama, mereka digunakan untuk mengidentifikasi outlier (pencilan). Outlier adalah anomali atau penyimpangan dalam satu set data, yang mewakili situasi di mana peluang trading yang baik dapat muncul. Mengidentifikasi outlier dapat sangat membantu bagi scalper dan trader yang menggunakan strategi trading tingkat lanjut.

Kedua, indikator tersebut digunakan untuk memilih momen masuk yang tepat berdasarkan tren. Standar Deviasi membantu untuk memahami apakah harga saat ini telah cukup menyimpang dari rata-rata dan, oleh karena itu, dapat kembali ke nilai rata-ratanya.

Ketiga, Standar Deviasi digunakan untuk menetapkan titik masuk berdasarkan outlier ketika harga menunjuk ke kisaran trading yang sempit, dan tiba-tiba Standar Deviasi yang kuat mendorong harga menjauh dari rata-rata.

Sebagai contoh, Anda dapat menghadapi sinyal “melarikan diri dari jangkauan”. Sinyal ini muncul setelah kutipan meninggalkan kisaran, area koreksi sebelum dimulainya gerakan baru. Sebelum harga melebihi kisaran, garis indikator harus berada pada posisi terendah, dan Anda dapat menggambar level horizontal melalui titik tertinggi terdekat di jendela. Ketika harga keluar dari kisaran, garis Standar Deviasi juga memecah levelnya ke atas, mengkonfirmasikan sinyal masuk. Pada grafik per jam dari pasangan USDJPY di bawah ini, kita dapat melihat:

  • Harga naik dari posisi datar.
  • Garis indikator mengkonfirmasi sinyal naik di atas level yang ditarik melalui tertinggi terdekatnya, dan Anda dapat membuka posisi beli.
  • Stop Loss ditempatkan di bawah minimum terdekat. Profit dapat diambil ketika harga mencapai level resistance penting atau setelah tanda-tanda pembalikan muncul.

Standar deviasi pada grafik per jam USDJPY

Standar Deviasi vs. varians

Secara teknis, Standar Deviasi adalah akar kuadrat dari varians. Pada gilirannya, varians adalah jumlah kuadrat dari nilai-nilai yang diperoleh dengan mengurangkan mean (x) dari setiap nilai dalam kumpulan data dibagi dengan jumlah nilai dalam kumpulan yang ditentukan. Standar Deviasi mengukur dispersi pengembalian di sekitar pengembalian rata-rata.

Dengan kata lain, Standar Deviasi adalah ukuran volatilitas. Ini adalah konsep kunci mengenai risiko keuangan, dipandang sebagai kemungkinan bahwa pengembalian akan tersebar di sekitar nilai yang diharapkan.

Kelebihan dan kekurangan Standar Deviasi

Indikator Standar Deviasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Mari kita lihat mereka secara lebih detail.

Kelebihan dari Standar Deviasi

Indikator Standar Deviasi mencakup semua pengamatan. Pengukuran deviasi lainnya, seperti jangkauan, hanya mengukur titik yang paling tersebar tanpa mempertimbangkan titik perantara. Oleh karena itu, Standar Deviasi sering dianggap sebagai pengukuran yang lebih andal dan akurat dibandingkan pengamatan lainnya.

Selain itu, Standar Deviasi dari dua kumpulan data dapat digabungkan menggunakan formula Standar Deviasi gabungan khusus. Tidak ada rumus serupa untuk pengukuran lain dari pengamatan dispersi dalam statistik. Ditambah lagi, Standar Deviasi dapat digunakan dalam perhitungan aljabar lebih lanjut, tidak seperti cara observasi lainnya.

Kekurangan dari Standar Deviasi

Standar Deviasi tidak mengukur seberapa jauh titik data dari mean. Sebaliknya, ia membandingkan kuadrat dari perbedaan, perbedaan yang halus namun nyata dalam varians yang sebenarnya dengan mean.

Selain itu, outlier memiliki efek yang lebih kuat pada Standar Deviasi. Ini terutama benar ketika Anda mempertimbangkan bahwa perbedaan dengan rata-rata dikuadratkan, menghasilkan angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan titik data lainnya. Jadi ingatlah bahwa Standar Deviasi secara alami memberi bobot lebih pada nilai ekstrem.

Bagaimana menafsirkan Standar Deviasi

Standar Deviasi menunjukkan skala perubahan harga yang berkaitan dengan Moving Average. Jika nilai indikator meningkat, pasar bergejolak, dan ayunan harga lebih tersebar relatif terhadap moving average. Begitu juga sebaliknya, jika nilai indikator kecil, volatilitas pasar rendah, dan harga tetap dekat dengan moving average.

Para trader perlu mengetahui bahwa periode aktivitas pasar dan ketenangan biasanya bergantian satu sama lain, dan harga cenderung kembali ke level rata-rata:

  • Naiknya garis Standar Deviasi berarti volatilitas tinggi karena harga penutupan dan harga penutupan rata-rata berbeda secara signifikan. Standar Deviasi tertinggi yang ekstrem memperingatkan bahwa aktivitas saat ini akan segera tenang dan akan diikuti oleh periode konsolidasi.
  • Penurunan garis Standar Deviasi berarti volatilitas rendah dan menunjukkan bahwa pasar tidak aktif karena harga stabil. Standar Deviasi terendah yang ekstrem mungkin menandakan pergerakan pasar yang akan datang.

Standar Deviasi Ekstrem pada grafik GBPCAD

Selain itu, nilai Standar Deviasi saat ini dapat digunakan untuk memperkirakan signifikansi pergerakan harga. Pergerakan yang lebih besar dari satu Standar Deviasi akan menunjukkan kekuatan atau kelemahan pasar di atas rata-rata, tergantung pada arah pergerakan.

Terakhir, indikator Standar Deviasi sering digunakan sebagai bagian dari indikator lain yang lebih canggih, seperti Bollinger Bands. Pita ini ditetapkan dua standar deviasi di atas dan di bawah moving average. Baca lebih lanjut tentang Pita Bollinger (Bollinger Bands).

Kesimpulan

Secara keseluruhan, indikator Standar Deviasi dapat membantu Anda:

  • Pilih bagian atas atau bawah pasar yang penting.
  • Targetkan entri dalam tren.
  • Trading dengan break jika harga diperdagangkan dalam kisaran sempit dan Standar Deviasi yang tiba-tiba tinggi mendorong harga menjauh dari mean.

Indikator Standar Deviasi sangat mudah dipahami. Ini menunjukkan apakah volatilitas tinggi atau rendah dan membantu Anda memasuki pasar pada waktu yang tepat.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

Berita terbaru

Indeks S&P500 Cetak Level Tertinggi Tahun 2023, Powell Dinilai Dovish

Pasar saham Asia sebagian besar bervariasi pada hari Senin (04/12/2023), karena isyarat kuat dari pasar AS, mengenai prospek penurunan suku bunga lebih awal oleh Federal Reserve, diimbangi oleh kekhawatiran yang terus-menerus terhadap perlambatan ekonomi di Tiongkok.

Wall Street Bervarias, Pasar Asia Terkena Aksi Ambil Untung

Pasar saham Asia sebagian besar terkoreksi pada hari Jumat (01/12/2023), karena aksi ambil untung setelah mencatat kenaikan kuat sepanjang bulan November. Wall Street ditutup bervariasi, dengan indeks Dow Jones karena data indeks harga PCE menunjukkan ...

Wall Street Respon Revisi PDB Dengan Ketidakpastian

Wall Street ditutup bervariasi pada hari Rabu karena data revisi PDB yang kuat meredakan kekhawatiran resesi..Powell dijadwalkan pada hari Jumat besok di Spelman College di Atlanta.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera