1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Saham Menjanjikan untuk Trading Harian pada Tahun 2023
Diperbarui • 2023-09-20

Saham Menjanjikan untuk Trading Harian pada Tahun 2023

cover.png

Trading harian (day trading) meliputi membeli dan menjual instrumen keuangan tertentu dengan cepat dalam satu hari trading. Gaya trading ini sangat populer di kalangan para trader. Dengan trading harian, para pelakunya memperoleh manfaat dari fluktuasi harga jangka pendek dengan berfokus pada serangkaian profit kecil yang dapat bertambah seiring waktu. Pendekatan trading ini menawarkan potensi profit yang signifikan, menarik banyak trader meskipun memiliki risiko.

Dengan memanfaatkan volatilitas pasar saham, para trader harian berharap dewi keberuntungan akan berpihak kepada mereka dan mengubah modal kecil menjadi profit yang besar. Namun, kita semua tahu bahwa keberuntungan berpihak kepada yang paling kuat. Setiap trader harian (day trader) profesional tahu bahwa rahasia kesuksesan adalah memilih saham yang tepat, yang membutuhkan analisis pasar saham yang menyeluruh. Mengidentifikasi saham yang volatil dan likuid dapat meningkatkan profitabilitas strategi trading harian.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda kriteria yang harus dipertimbangkan ketika memilih saham yang tepat untuk trading harian. Tim kami juga akan menyajikan daftar saham pilihan untuk diperdagangkan pada tahun 2023.

Kriteria memilih saham menguntungkan untuk trading harian

Ketika memilih saham untuk trading harian, trader harus memperhatikan beberapa kriteria penting dalam menentukan saham yang berpotensi menguntungkan. Inilah kriteria-kriteria tersebut:

1. Volume

Volume merupakan metrik penting yang menggambarkan level aktivitas trading dari sebuah instrumen keuangan dalam kerangka waktu tertentu. Logikanya sederhana: semakin banyak trader yang tertarik untuk membeli atau menjual saham, semakin mudah untuk membuka dan menutup posisi dengan cepat. Untuk trader harian, sebaiknya fokus pada saham dengan volume minimal satu juta. Hal ini menjamin kecukupan likuiditas dan meningkatkan kemampuan untuk mengeksekusi order secara efisien, yang memungkinkan trader harian untuk menghasilkan profit dari peluang pasar saham.

2. Likuiditas

Likuiditas saham berhubungan dengan kemudahannya untuk dibeli dan dijual dengan cepat tanpa menimbulkan pengaruh signifikan pada harga saham. Saham dengan likuiditas tinggi biasanya tidak terlalu volatil karena adanya permintaan yang konstan dari pembeli dan penjual. Hal ini memungkinkan trader harian untuk masuk dan keluar dari posisi dengan cepat, mengurangi risiko kerugian mendadak dan perubahan harga yang signifikan, yang sangat baik untuk pemula. Banyak trader harian cenderung trading dengan saham yang sangat likuid karena kebanyakan strategi trading harian mengandalkan masuk dan keluar dari posisi dengan cepat, yang mencegah kerugian dengan menutup order yang gagal dengan cepat.

3. Volatilitas

Volatilitas pasar mencerminkan kecepatan dan besarnya kenaikan atau penurunan harga. Volatilitas yang lebih rendah memungkinkan trader harian untuk membuka dan menutup posisi dengan mudah dan cepat, yang memperbesar peluang untuk memperoleh profit dari banyak order dalam satu hari tanpa meningkatkan risiko. Namun, berfokus pada saham yang volatil mungkin akan lebih menguntungkan karena volatilitas yang lebih tinggi menawarkan peluang trading yang lebih banyak untuk meningkatkan imbal hasil. Pada saat yang sama, trading dengan volatilitas tinggi menyiratkan potensi risiko kerugian yang signifikan. Oleh karena itu, ketika memilih tingkat volatilitas yang dapat diterima dan sejalan dengan toleransi risiko dan tujuan trading mereka, para trader harus menggunakan strategi trading harian yang dirancang dengan baik serta tujuan yang jelas.

4. Segmen harga

Sebelum memilih saham yang tepat untuk trading harian, para trader harus menentukan rentang harga yang sesuai dengan deposit awal dan tingkat toleransi risiko mereka. Karena harga saham bervariasi, penting untuk memilih saham yang memungkinkan volume order yang optimal untuk trading harian yang efektif. Dengan memilih saham yang tepat dengan harga yang tepat, trader harian memastikan manajemen risiko dan kinerja trading yang lebih baik secara keseluruhan.

5. Berita

Ketika memilih saham untuk trading harian, sangat penting untuk mengikuti perkembangan berita terbaru, termasuk liputan tentang berbagai peristiwa dunia dan laporan perusahaan domestik, seperti pendapatan perusahaan atau peluncuran produk inovatif. Informasi positif maupun negatif memiliki pengaruh tertentu yang harus diperhatikan trader harian.

Memilih saham untuk trading harian merupakan sebuah tantangan. Para trader harus memutuskan saham mana yang berkorelasi dengan pendekatan trading dan peluang keuangan mereka. Untuk itu, trader harian harus mempertimbangkan kriteria yang telah kami jelaskan. Dengan meneliti segmen harga saham, volume saham, tingkat likuiditas dan volatilitas, serta berita terbaru, trader dapat memilih saham yang paling tepat untuk diperdagangkan. Inilah cara yang paling aman untuk menghasilkan profit sekaligus meminimalkan risiko kerugian.

Best Stocks to Day Trade in 2023_1200x675.png

Saham menjanjikan untuk trading harian tahun 2023

Berikut ini adalah daftar saham yang kami rekomendasikan untuk Anda:

1. Tesla Inc. (TSLA)

Tesla merupakan perusahaan kendaraan listrik terkemuka, dan salah satu yang paling populer di dunia. Ini adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang berkantor pusat di Austin, Texas. Tesla merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia, diperkirakan bernilai lebih dari $950 miliar. Tidak diragukan lagi, perusahaan ini akan terus berkembang karena fokus utamanya adalah perlindungan lingkungan, yang akan menjadi prioritas utama umat manusia untuk waktu yang lama.

Saat ini, Tesla merupakan saham yang menarik untuk trading harian, dengan 3,17 juta lembar saham yang beredar di pasar, sekitar 138 juta di antaranya berganti kepemilikan setiap hari. Saham Tesla secara historis menunjukkan volatilitas yang tinggi selama jam trading. Volatilitas ini memberikan peluang sekaligus risiko bagi trader harian.

Misalnya, pada tanggal 23 Agustus, harga sahamnya dibuka pada $229,34 dan mencapai titik tertinggi hampir $239 sepanjang hari sebelum ditutup pada $236,86 per lembar. Hal ini mengindikasikan rentang harga harian yang besar, yang menunjukkan potensi bagi trader jangka pendek untuk memanfaatkan perubahan harga tersebut.

Pada tanggal 23 Agustus, volume trading saham Tesla cukup tinggi, mencapai angka yang substansial sebanyak $101.077.635. Hal ini menunjukkan tingginya likuiditas saham tersebut, yang mengindikasikan partisipasi pasar yang signifikan dan kemudahan untuk mengeksekusi order dengan mudah.

Sejalan dengan indikator saham Tesla sebagaimana dikemukakan di atas, trader harus mengingat bahwa CEO perusahaan tersebut, Elon Musk, adalah salah satu tokoh publik paling berpengaruh. Tindakannya selalu diliput media, dan memiliki dampak keuangan tersendiri.

2. Meta Platforms Inc. (META)

Meta Platforms Inc. adalah konglomerat multinasional Amerika yang memiliki Facebook, WhatsApp, Instagram, dan berbagai produk lainnya. Meta dikenal sebagai salah satu perusahaan TI Amerika terbesar dan paling berpengaruh, bersama Google, Apple, Microsoft, dll.

Meta sangat mengandalkan pemasukan dari iklan, hampir 90% dari total pendapatannya. Sekitar 50% dari pendapatan ini berasal dari AS dan Kanada, sedangkan Eropa menyumbang sekitar 25%.

Mari kita bahas saham Meta pada 19 Agustus untuk menilai kelayakannya untuk trading harian. Saham dibuka pada $170,20 dan ditutup pada $167,96 per lembar. Sepanjang hari itu, saham mencapai titik tertingginya pada $172,32 dan terendahnya pada $167,05. Selain itu, volume trading untuk saham Meta pada hari itu mencapai $26.240.799.

Angka-angka ini menyajikan data yang berharga bagi trader harian, yang menunjukkan bahwa saham Meta mengalami perubahan harga yang berpotensi menguntungkan apabila dimanfaatkan dengan baik.

3. Nvidia Corp. (NVDA)

Nvidia Corp., sebuah perusahaan multinasional Amerika, telah mendapatkan pengakuan dunia untuk terobosan teknologinya. Inovasi luar biasa perusahaan tersebut mencakup beragam produk unggulan, seperti unit pengolahan grafis (GPU) dan antar muka pemrograman aplikasi (API) yang secara khusus dirancang untuk ilmu data. Selain itu, perusahaan ini menduduki posisi yang dominan sebagai pemasok perangkat keras dan perangkat lunak untuk kecerdasan buatan (AI). Jajaran GPU uniknya banyak digunakan di lingkungan kerja di berbagai industri, termasuk teknik, arsitektur, otomotif, penelitian ilmiah, desain manufaktur, media, dan sebagainya.

Saham NVIDIA dikenal karena fluktuasi hariannya yang signifikan, yang memberikan peluang menguntungkan bagi trader harian. Pada tanggal 14 Agustus, pergerakan harganya membuktikan kelayakan saham ini untuk strategi trading harian. Pada hari itu, saham mengalami titik terendah pada $403,11 dan mencapai titik tertinggi pada $438,00, mencerminkan lompatan harga yang signifikan dalam satu hari trading.

Selain itu, volume trading sebesar $69.028.538 menunjukkan tingginya aktivitas dan partisipasi pasar dalam saham NVIDIA. Seperti yang Anda ketahui, volume trading yang tinggi biasanya mengindikasikan peningkatan likuiditas, yang membantu trader harian untuk mengeksekusi order dengan lebih mudah.

4. Advanced Micro Devices Inc. (AMD)

Advanced Micro Devices adalah perusahaan multinasional Amerika terkemuka yang mengembangkan prosesor inovatif, kartu grafis, dan produk semikonduktor lainnya yang menggerakkan berbagai perangkat, mulai dari komputer pribadi hingga pusat data. Inovasi teknologi ini telah mendapatkan pengakuan karena kinerjanya yang unik, efisien energi, dan harga yang bersaing di seluruh dunia. Karena AMD memiliki reputasi yang solid sebagai perusahaan semikonduktor terkemuka, sahamnya menarik perhatian investor maupun trader.

Saham AMD menawarkan peluang yang sangat baik bagi trader harian, mengingat volume trading rata-rata yang besar, yakni $55 miliar per hari, menunjukkan likuiditas saham yang tinggi. Analisis pergerakan harga harian menunjukkan kelayakan saham ini untuk strategi trading harian.

Pada tanggal 23 Agustus, saham AMD menunjukkan perubahan harga sebesar 3,57%. Saham dibuka pada harga $105,65 dan ditutup pada $109,43, mengindikasikan pergerakan ke atas yang besar sepanjang hari trading. Selain itu, level harga tertinggi yang dicapai pada hari itu adalah $110,08, yang mencerminkan peluang bagi trader harian untuk mendapatkan profit dari perubahan harga.

5. Airbnb Inc. (ABNB)

Airbnb adalah perusahaan Amerika yang telah merevolusi industri penginapan dan pariwisata di tingkat global. Perusahaan ini menciptakan platform progresif dan mudah digunakan yang menghubungkan pemilik properti dan pelancong di seluruh dunia, menyediakan beragam akomodasi untuk memenuhi kebutuhan semua orang. Perusahaan tersebut berperan sebagai makelar dalam hubungan pemilik properti-penyewa, dengan memungut biaya dari setiap pemesanan. Setiap hari, jutaan pengguna memilih Airbnb ketika mencari pilihan akomodasi yang aman.

Dengan volume trading rata-rata $5 miliar sepanjang hari, saham Airbnb telah mendapatkan popularitas di kalangan trader sebagai pilihan yang menguntungkan untuk aktivitas trading harian. Likuiditas dan volatilitas saham ini menjadikannya menarik untuk strategi trading jangka pendek.

Misalnya, pada tanggal 22 Agustus, saham Airbnb memperlihatkan fluktuasi harga yang menguntungkan. Sepanjang hari trading tersebut, harga saham ini berkisar antara $124,00 hingga $127,24 per lembar. Kisaran ini menunjukkan potensi bagi trader harian untuk memanfaatkan pergerakan harga tersebut dalam satu hari trading.

6. Microsoft Corp. (MSFT)

Microsoft Corporation adalah penyedia teknologi global dan salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia. Microsoft telah menjadi pemain yang dominan dalam membentuk lanskap teknologi dengan beragam produk inovatifnya selama bertahun-tahun. Perusahaan tersebut disegani karena pengembangan perangkat lunaknya, seperti Microsoft Windows dan Office Suite, serta layanan berbasis cloud, seperti Microsoft Azure. Microsoft juga telah memperluas kehadirannya di berbagai sektor lain, termasuk perangkat keras dengan lini perangkat Surface dan gaming dengan Xbox. Microsoft secara konsisten telah memperlihatkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan tren pasar yang berubah dan mempertahankan daya saingnya.

Kinerja keuangan yang kuat dan kehadiran secara global membuat saham Microsoft menarik untuk trading harian. Misalnya, pada tanggal 21 Agustus, volume trading saham Microsoft mencapai lebih dari $24 miliar! Pada hari itu, saham Microsoft mencapai kisaran harga $317,93 pada saat pembukaan dan $321,88 per lembar pada saat penutupan, menunjukkan kondisi yang menguntungkan bagi trader harian.

7. Apple Inc. (AAPL)

Apple Incorporated menduduki posisi penting di pasar global sebagai inovator teknologi. Jelas, Apple adalah salah satu perusahaan paling bernilai tinggi di dunia yang terkenal karena produk-produk ikoniknya. Perusahaan tersebut telah membangun basis pelanggan setia dan terus mendominasi berbagai sektor.

Produk dan layanan perusahaan tersebut meliputi iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, dan layanan Apple Music serta iCould yang dikenal di seluruh dunia. Dengan reputasinya sebagai penyedia produk berkualitas tinggi dan mudah digunakan, Apple telah membangun reputasi merek yang kuat dan pelanggan yang loyal.

Kinerja keuangannya yang solid dan pertumbuhan yang konsisten membuat saham Apple menarik untuk trading harian. Misalnya, pada tanggal 23 Agustus, saham Apple mengawali hari trading dengan harga pembukaan sebesar $178,52 per lembar. Saham tersebut memperlihatkan pergerakan harga spesifik sepanjang hari, yang pada akhirnya ditutup pada $181,12. Volume trading selama periode ini hampir mencapai $53 miliar, mengindikasikan aktivitas dan likuiditas pasar yang besar.

Dengan analisis data di atas, saham-saham dengan peluang yang menjanjikan menunjukkan volatilitas yang besar dan volume trading rata-rata yang mengesankan, menyebabkan fluktuasi harga harian yang dapat dimanfaatkan oleh trader harian. Ketujuh saham perusahaan di atas menunjukkan pertumbuhan dan potensi yang menjanjikan, jadi trading harian dengan saham-saham tersebut akan menjadi keputusan yang tepat.

Kesimpulan

Trading harian dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan berpotensi menguntungkan jika Anda melakukannya dengan fokus dan dedikasi. Dengan pasar saham yang besar dan kompleks, mungkin sulit untuk mengidentifikasi saham yang paling tepat untuk trading harian. Namun, dengan mempertimbangkan kriteria penting, seperti volume trading, likuiditas saham, dan volatilitas, para trader dapat membuat keputusan yang tepat untuk memaksimalkan peluang keberhasilan mereka.

Selain itu, penting untuk menentukan jumlah modal yang siap Anda investasikan serta mengkaji kinerja dan reputasi perusahaan secara mendalam sebelum membeli saham dan terlibat dalam trading harian. Dengan memahami kriteria ini dan melakukan analisis yang tepat, trader dapat menilai dengan lebih baik potensi peluang trading harian.

Kami telah menyusun rekomendasi daftar saham untuk aktivitas trading harian Anda pada tahun 2023. Daftar ini berfungsi sebagai titik awal yang bernilai, yang menyoroti saham-saham dengan potensi pergerakan harga dan peluang trading yang signifikan tahun ini. Ingatlah untuk melakukan analisis lebih lanjut, mengikuti tren pasar, dan menerapkan strategi manajemen risiko yang tepat untuk mengoptimalkan hasil trading harian Anda.

  • 283

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera